Contoh Kasus Penggantian Antar Waktu (PAW) di DPR RI

Kasus 1.

Pengurus PAN Jambi Ajukan Dua Nama Pengganti Ratu Munawaroh

 

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Jambi beberapa waktu lalu mengajkan dua nama kepada pimpinan pusat PAN untuk pergantian antar waktu terhadap Ratu Munawaroh, yang telah menyatakan mengundurkan diri dari Anggota Komisi VIII DPR RI.
“Kita sudah mengusulkan dua nama untuk pengganti Ibu Ratu. Dua nama tersebut, masing-masing Chairul Naim dan Abdul Kadir. Semuanya kita serahkan kepada pimpinan pusat siapa yang menurut mereka pantas untuk dipilih,” kata Hazrin Nurdin, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi
Menurut Hazrain yang baru saja terpilih menjabat Ketua DPW PAN Provinsi Jambi untuk periode lima tahun ke depan menggantikan posisi kakak kandungnya Zulkifli Nurdin (mantan Gubernur Jambi) pada awal bulan ini, kemungkinan besar putusan pengurus pusat PAN tentang penunjukan nama tersebut akan diketahui beberapa hari ke depan.

“Kita sudah mengajukan dua nama, tapi keputusan berada di pihak pimpinan pusat. Bagi kita siapa pun yang terpilih tidak jadi masalah, mengingat keduanya merupakan kader PAN terbaik,” ujar Hazrin
Sementara itu, Chairul Naim, salah satu nama yang diusulkan, mengatakan merasa bersyukur dan terima kasih atas kebesaran hati Ratu Munawaroh mau mengundurkan diri.
“Saya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih setinggi-tinggi kepada Ibu Ratu dan suaminya Zulkifli Nurdin atas inisiatifnya mundur menjadi anggota Komisi VIII DPR RI. saya siap melanjutkan tugas beliau,” katanya.
Menurut Chairul, bila melihat dari Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009, tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, dirinya memang sepantasnya untuk menjadi pengganti antar waktu Ratu, karena berdasarkan hasil pemilihan umum lalu dia berada pada posisi ketiga setelah dua nama lainnya yang kini duduk di DPR RI dari Partai Amanat Nasional daerah pemilihan Provinsi Jambi.
“Saya meraih suara terbanyak setelah Ratu Munawaroh dan Bakri. Saat itu saya memperoleh 14.246 suara,” kata Chairul yang kini menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Provinsi Jambi.
Ratu Munawaroh sudah menyatakan mengundurkan diri jadi anggota DPR RI sejak Februari 2010. Sejak itu pula istri Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin ini tidak lagi aktif sebagai anggota Dewan.
Selama menjabat anggota Dewan, Ratu paling banyak membolos saat acara rapat digelar DPR RI. Aksi membolos tersebut, berdasarkan pengakuannya, karena lebih banyak fokus untuk mendampingi suaminya Zulkifli Nurdin yang masih menjabat Gubernur Jambi dan kondisi suaminya sedang sakit-sakitan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kasus 2.

Demokrat: Ada 7 Kandidat Pengganti Adjie Massaid

 

Partai Demokrat mulai mencari pengganti artis sekaligus politikus Adjie Massaid yang meninggal dunia secara mendadak. Sudah ada tujuh kandidat yang digadang-gadang untuk menggantikan Adjie sebagai legislator.

“Saya belum memiliki daftarnya. Yang jelas semua ada tujuh kandidat pengganti Adjie, semuanya diambil dari dapil terdekat,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat Mohammad Jafar Hafsah saat ditemui di Kompleks DPR, Jumat (18/2) sore.

Butuh waktu lama untuk menentukan siapa yang tepat menjadi pengganti Adjie. Sebab, kata dia, ada dasar pertimbangan khusus karena semuanya harus diseleksi dan sesuai dengan pilihan masyarakat.

“Satu bulan paling lama sudah ada penentuan penggantinya dan itu semua tergantung dari DPP.  Semua kandidat sudah diseleksi dan ini butuh waktu, kita melihat orang yang paling aktif di masyarakat, jam terbang cukup, bisa menjadi pemimpin dan bukan selalu urutan selanjutnya jadi pengganti,” jelasnya.

Selain menunggu keputusan dari DPP, baik Jafar maupun relasi lainnya saat ini masih dalam suasana berkabung. “Saat ini kita masih berkabung. Namun pergantian anggota DPR  yang meninggal adalah suatu keharusan dan ini butuh waktu. Kita harus rapat dulu untuk menentukan siapa pengganti Adjie,” imbuhnya.

Adjie Massaid menghembuskan nafas terakhirnya di RS Fatmawati Sabtu (5/2) dini hari usai bermain sepakbola di Lebak Bulus.  Dia terkena serangan jantung koroner akut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Andre Dewanto mengatakan, berdasarkan UU No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, pengganti Adjie Massaid di DPR akan digantikan oleh caleg Partai Demokrat di Daerah Pemilihan (Dapil) II Jawa Timur (meliputi Kab/Kota Pasuruan dan Probolinggo. “Sesuai aturan penggantian antar waktu terhadap anggota DPR  yang meninggal adalah calon peraih suara terbanyak dari daerah pemilihan yang sama  dan partai yang sama,” jelasnya.

Dijelaskan karena Adjie Massaid anggota DPR RI, maka pemrosesannya dilakukan oleh KPU Pusat.  Andre menjelaskan prosedur penggantian diawali oleh partai yang menjelaskan yang bersangkutan meninggal atau berhalangan tetap. Proses penggantian ini memerlukan waktu paling tidak hampir satu bulan. Begitu diterima pimpinan DPR, lembaga legislatif itu memiliki waktu 7 hari untuk merespon surat tersebut, barulah setelah itu DPR mengajukan surat ke KPU untuk penggantian anggota DPR.

Setelah itu KPU mengirimkan jawaban atas surat yang dikirim DPR, dan kemudian DPR mengirimkan surat penggantian anggota DPR kepada Sekertariat Negara.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Ibnu Hajar mengatakan soal pergantian posisi almarhum Adjie merupakan kewenangan DPP Partai Demokrat. “Namun yang pasti penggantian tersebut sudah ada aturannya, yakni peraih suara terbanyak setelah almarhum  dari dapil yang sama,” ujar Ibnu Hajar. faz,ins

Categories: Learning Together About Law | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Sejuta Pemikiran Kita

"Berpikir dan Bertindak se-Bijak Mungkin"

riediboediono

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

ISMAYA DWI AGUSTINA

LIFE OF A LAW STUDENT

Man Jadda WaJada

''Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil, Insya Allah!"

Deny Rizky Kurniawan

Make The World Smile With The Miracle Of Law

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: